Jengkel Blogmu di Copas? Coba Baca Ini !

source : freepik.com

Sebagai seorang content creator khususnya blogger, membuat sebuah tulisan tentunya itu tidak gampang. Butuh waktu, tenaga, pikiran , kuota internet, cemilan, dukungan pacar dan lain-lain untuk menghasilkan sebuah tulisan yg bagus. Karena ada sebuah rasa kebahagiaan yg nggak bisa di bayar pake apapun ketika bisa menghasilkan sebuah karya tulisan yg bermanfaat untuk banyak orang.

Tapi, semakin bagus sebuah karya biasanya semakin tinggi juga potensi untuk di copy paste sama orang lain. Bahasa kerennya plagiat. Memang sebuah resiko ketika kita sudah melempar sebuah karya ke public dalam hal ini dunia maya, kita sebagai pemilik juga harus bersiap-siap karya tersebut suatu saat akan di jiplak.

Kalau di jiplak dan kita ga tau sih oke-oke aja ya. Masalahnya adalah ketika kita melihat dan membaca sendiri hasil karya tersebut ada di website orang lain dengan 100 % konten sama persis, nggak ada yg di edit dan nggak ada credit blog kita disana. Ampun dah.

Cuma, balik lagi itu adalah resiko. Tapi nih ya mohon maaf mbak dan bang jago dimanapun berada yg suka copas-copas begitu, ayo mulai sekarang di rubah dikit pola pikirnya. Copy paste karya orang itu nggak salah-salah banget kok asal tetep minta ijin sama yang empunya karya. Paling tidak tulis referensi di blog mba atau masnya aja itu udah nyenengin si penulis asli kok. Bahkan lebih bagus lagi jika di tulis ulang dengan Bahasa mbak atau mas nya tapi dengan maksud dan inti sama dengan karya tersebut.

Lalu, buat para creator dan kita masih ngomongin blog khususnya platform blogger, yang pengen mengamakankan tulisan-tulisannya agar aman dari serangan laskar copy paste, ini saya nemu satu codingan untuk di tambahkan di theme blog kalian :

<script type="text/javascript">
if (typeof document.onselectstart!="undefined") {document.onselectstart=new Function ("return false");}else{document.onmousedown=new Function ("return false");document.onmouseup=new Function ("return true");}
</script >

Jadi masuk ke blogger kalian terus pilih "Theme"



Next pilih "edit HTML"


Setelah itu cari <head> dengan CTRL + F pada keyboard
source: https://www.steffifauziah.com/2019/04/agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html


Copy paste codingan tersebut di dibawah <head>
source : https://www.steffifauziah.com/2019/04/agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html


Setelah itu klik "save theme"
source : https://www.steffifauziah.com/2019/04/agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html


Coba sekarang kamu test, apakah blog kamu bisa di copy atau nggak? Kalau masih bisa di copy, coba di cek lagi coding dan penempatannya di bagian HTML ya.

Oiya karena blog ini ga bisa kalian copy untuk ambil coding anti copy pastenya, file txt nya bisa download DI SINI ya. Good luck..

IdeCara
Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

Related Posts

Posting Komentar