Semua Akan Jualan Pada Waktunya..

 

Kalau kita flashback ke tahun lalu di bulan ini, semua masih berjalan seperti biasa. Gaji masih utuh, bahkan lagi nunggu masuknya bonus akhir tahun. Masih bisa nongkrong sana sini, shopping, gonta ganti hp dan hidup kayak sultan ga ada beban. Tapi begitu bulan Maret, Jedeeerrr..

source : tenor.com

Ketika pasien pertama corona di umumkan di Indonesia, seketika semua di perketat dan berimbas pada kegiatan ekonomi yg terjun bebas. Pemotongan gaji, pengurangan jam kerja, penundaan THR bahkan pemutusan kontrak kerja secara sepihak pun massal terjadi. Kondisi ini menyebabkan tingkat pengangguran meningkat drastis bahkan di proyeksikan tahun 2021 ini bisa mencapai angka 12,7 juta jiwa. Bukan angka yg sedikit.

Lalu apa fenomena yg terjadi belakangan di balik kondisi chaos ini? 

Munculnya banyak pedagang dadakan. Iya. Social media sekarang berubah jadi toserba online. Cari apapun ada. Apapun. Mulai dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan tersier ada. Keadaan ini membuat banyak masyarakat memilih berjualan agar tetap memiliki penghasilan. Apalagi cicilan dan biaya hidup sehari-hari itu harus tetap terpenuhi.

Khusus Buat kamu yg saat ini juga jadi pedagang dadakan, coba kamu inget-inget lagi dulu pernah ngerasa kesel nggak kalau sering dikirimin broadcast jualan sama orang  ga di kenal atau temen sendiri?

Pernah ngerasa  annoying sm temen yg socmednya posting jualan melulu?

Dan sekarang kita ada di posisi itu, seneng kalau upload jualan di socmed postingan kita di likes apalagi ada yg komen nanyain harga. Ternyata bahagianya orang jualan sesimple itu. Pandemi ini benar-benar merubah segalanya. Tapi apakah trend dagang dadakan ini akan berlangsung lama?

Mengutip pernyataan Guru Besar Ilmu Sosial dan Politik di salah satu media online mengatakan “trend ini mungkin tidak akan berlangsung lama, karena kan ini adalah salah satu cara untuk memperpanjang napas dan yg penting dapat uang cash dulu untuk di pakai kebutuhan sehari-hari. Ini kan orang berpikir yg penting ada gantungan sementara dulu yg realistis di raih dan flexible. Selain tidak bertahan lama, jika tidak dipersiapkan secara matang banyak juga yg gulung tikar karena makin banyaknya orang jualan hingga menumbuhkan seleksi alam.

source : freepik.com


Tapi kalau keadaan ini masih akan berlangsung lama, dan PHK masih terus terjadi bukan tidak mungkin memang semakin banyak yg memilih untuk jualan demi bertahan hidup. Jadi ga ada salahnya dari sekarang untuk mulai cari tahu produk-produk apa yg kira akan berpotensi laris di pasaran di masa seperti ini.

Gerak cepat  karena BISA JADI Semua akan jualan pada waktunya.. 

IdeCara
Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

Related Posts

Posting Komentar