Tips Membuat CV Menarik


tips-membuat-cv-menarik

Tips Membuat CV Menarik - Mencari kerja itu bisa  bilang gampang - gampang susah. Gampang nyarinya, susah dapatnya. Ya kan? Ketatnya persaingan yang tidak masuk akal membuat kita kadang malas untuk nglamar di sebuah perusahaan. Contoh, dari 1 lowongan saja itu bisa 100 orang yang melamar. Gimana nggak minder duluan?  Tapi ada satu hal penting nih yang harus diperhatikan ketika melamar sebuah pekerjaan. Apa itu? CV ! Iya , curiculum vitae atau orang tua kita menyebutnya daftar riwayat hidup.


Apa Itu CV ?

Menurut wikipedia , CV adalah adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang atasan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara online) ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara.

Ya, jadi CV ini adalah sebagai sarana untuk menyaring lamaran yang masuk di sebuah instansi perusahaan. Jadi melalui CV inilah biasanya dilihat bagaimana perjalanan kariri seseorang, skill apa yang mereka miliki dan informasi lain yang di butuhkan sebuah perusahaan untuk mencari kandidat yang tepat sebelum akhirnya di panggil untuk melanjutkan proses rekrutmen selanjutnya yaitu interview.

Bagaimana Membuat CV Yang Menarik?

Banyak sekali format-format CV yang beredar di internet dan tentunya bisa di download dan di edit sedemikian rupa. Lalu pertanyaan bagaimana tips membuat CV menarik? Adakah standar sebuah CV dikatakan bagus? Sejauh ini belum ada, tapi setidaknya dalam CV yang kamu buat itu harus ada bagian-bagian ini :

1. Selalu Cantumkan Identitas Diri yang Jelas


Identitas diri merupakan salah satu hal yang tidak boleh untuk dilupakan pada saat menulis CV. Hal ini dilakukan agar pihak perusahaan dapat mengetahui profil dasar kamu dan dapat menghubungi kamu jika nantinya ada informasi tambahan mengenai perihal lamaran kerja.

Identitas diri tersebut meliputi : nama lengkap, foto diri, alamat, nomor telepon, email, dan juga media sosial. Saat akan menyertakan foto, usahakanlah untuk menggunakan pakaian formal dengan gaya yang tidak terlalu kaku.

2. Cantumkan Jenjang Pendidikan yang Jelas


Selain identitas diri, kamu juga harus mencantumkan jenjang pendidikan yang jelas. Jenjang pendidikan harus ditulis mulai dari jenjang pendidikan terkecil hingga jenjang pendidikan terbesar. Misalnya saja seperti : TK, SD, SMP, SMA, dan juga perguruan tinggi.

Namun biasanya sebagian besar perusahaan hanya meminta untuk menyantumkan jenjang pendidikan terakhir saja. Tetapi ada juga yang meminta untuk menyantumkan seluruh jenjang pendidikan yang telah ditempuh. Oleh karena itu sebelum membuat CV, perhatikanlah terlebih dahulu jenjang pendidikan apa saja yang diminta.

3. Cantumkan Ketrampilan dan Pencapaian Yang Pernah di Raih

Kamu perlu mencantumkan ini di CV dan juga pencapaian yang pernah kamu miliki. Hal ini dilakukan agar pihak perusahaan dapat mengetahui apa saja keterampilan yang kamu miliki. Jika keterampilan yang kamu miliki sesuai dengan apa yang mereka butuhkan, tentu mereka akan dapat mempertimbangkan untuk menerima kamu atau setidaknya diundang untuk interview oleh team HRD.

Karena pihak perusahaan tentunya sangat mencari orang-orang yang memiliki keterampilan dan juga kemampuan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Jika kamu memiliki keterampilan yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar, maka potensi kamu untuk bisa diterima kerja pada perusahaan tersebut akan semakin besar.

4. Buat Design CV Yang Eye Catching

Setelah mencantumkan identitas diri yang jelas, jengan pendidikan dan juga keterampilan serta pencapaian yang pernah kamu miliki, maka cara selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat desain CV yang menarik. kamu harus bisa mengusahakan dengan semaksimal mungkin agar desain CV yang kamu buat terlihat menarik. Dengan begitu, kamu akan terlihat jauh berbeda dan memiliki daya tarik yang lebih dari para pelamar yang lainnya. kamu bisa menemukan ratusan template CV di situs-situs seperti canva, zety, dan situs lainnya.

Ingat , CV adalah alat yang di gunakan untuk menyaring kandidat di awal proses rekrutmen. Jadi pastikan CV kamu layak untuk lolos di tahapan pertama dan tentunya bisa lanjut ke proses rekrutment berikutnya. Tips membuat CV menarik ini semoga bisa membantu kamu ya. Good luck...

IdeCara
Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

Related Posts

Posting Komentar