Cara Budidaya Tanaman Jeruk Dalam Pot

Cara Budidaya Tanaman Jeruk Dalam Pot

Pengertian Buah Jeruk

IdeCara.com - Buah jeruk termasuk famili rutaceae dan ordo rutales. Pohon jeruk berasal dari Asia, khususnya berasal dari Cina. Memiliki rasa yang manis dan menyegarkan menjadikan jeruk digemari anak-anak maupun orang dewasa. Adapun beberapa jenis jeruk yang dikenal diantaranya jeruk manis, jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk keprok, jeruk purut, dan jeruk siam. Buah jeruk sangat baik bagi kesehatan tubuh karena jeruk mengandung vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, tembaga, karbohidrat, magnesium, dan serat. Jeruk juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai antioksidan, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, Mencegah kanker, baik untuk kesehatan pencernaan karena banyak mengandung banyak serat, baik juga untuk penderita hipertensi karena mampu membantu mengontrol tekanan darah dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Pohon jeruk dapat tumbuh mencapai 15 meter jika ditanam di kebun. Bagi masyarakat perkotaan yang memiliki perkarangan terbatas tentu itu sangat merepotkan jika menanam jeruk di pekarangan. Solusi yang tepat untuk mereka yang ingin menanam pohon jeruk di pekarangan rumah adalah dengan menanamnya di dalam pot. Kegunaan menanam jeruk di dalam pohon diantaranya tidak memerlukan lahan yang luas, mudah di dalam menangani hama dan penyakit, dapat mempercantik lingkungan rumah dan udara sekitar menjadi lebih bersih dan sejuk. Pohon jeruk yang ditanam dalam pot memerlukan perawatan ekstra. Perlu dilakukan pemangkasan secara berkala agar tidak tumbuh lagi dan juga lakukan penyiangan secara teratur. Tahapan dalam budidaya tanaman jeruk di dalam pot adalah sebagai berikut:

1.Media Tanam

Tanaman jeruk dapat tumbuh dengan baik bila ditanam pada ketinggian 1 hingga 1200 meter diatas permukaan laut. Pohon jeruk dapat ditanam didalam pot yang dikenal dengan istilah tabulampot. Salah satu media tanam yang penting dalam tabulampot adalah pot. Pot yang digunakan untuk menanam jeruk berdiameter 40 sampai 100 cm. Berbahan logam seperti bekas drum minyak atau oli yang sudah dibersihkan dan dipotong menjadi dua, ember plastik yang bagian bawahnya dilubangi atau pot plastik maupun semen yang dijual di toko tanaman hias.

Media lain yang diperlukan untuk tabulampot jeruk adalah pupuk organik yaitu pupuk kompos dan pupuk kandang dengan takaran 35%, tanah lempung dengan takaran 40% dan pasir halus 25%. PH yang baik bagi media tanam jeruk adalah 5,5 sampai 6,5.

Langkah pembuatan media tanam tabulampot jeruk yaitu masukkanlah pupuk kompos dan pupuk kandang di dalam pot. Setelah itu masukkan pasir halus dan kemudian masukkan tanah. Setelah itu siramlah dengan air agar media tanam menjadi lembab. Kini media tanam siap ditanami bibt jeruk.

2.Pemilihan Dan Penanaman Bibit

Seleksi bibit merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan bibit yang berkualitas unggul maka budidaya pohon jeruk dalam pot akan berjalan optimal. Bibit jeruk dapat diperoleh dengan membeli di toko pertanian atau toko penjual tanaman. Bahkan bibit jeruk juga dapat dipesan melalui internet karena banyak penjual bibit tanaman yang menjual dagangannya secara online dengan harga bibit jeruk mulai dari 15.000 sampai Rp80.000, tergantung jenisnya. Jika anda ingin membuat bibit sendiri secara vegetatif, pilihlah induk yang berkualitas, yang berbuah banyak dan tahan hama. Pohon jeruk dapat diperbanyak secara vegetatif dengan cara stek, cangkok dan sambung pucuk.

3.Pemeliharaan bibit

Pohon jeruk hasil pembibitan vegetatif mulai berbuah 3 sampai 6 tahun setelah tanam, tergantung jenis jeruk dan perawatannya. Selama tumbuh kembang, bibit perlu dirawat secara optimal agar tanaman jeruk dapat cepat tumbuh dan kemudian berbuah. perawatan meliputi pemupukan, penyiraman secara teratur, pemangkasan daun, penyiangan dan pencegahan dari hama dan penyakit.

  • Pemupukan

Agar pohon jeruk bertumbuh dengan optimal, maka lakukan pemupukan secara teratur. pupuk harus mengandung cukup unsur hara makro dan mikro yang sangat dibutuhkan bagi tanaman guna mempercepat tumbuhnya bunga dan berbuah. pemupukan dilakukan 3 kali dalam setahun. Pupuk yang digunakan adalah NPK atau Urea, dilakukan dengan melubangi tanah di sekitar tanaman menggunakan kayu. Masukkan pupuk lalu tutup dengan tanah lalu siramlah dengan air agar pupuk dapat diserap tanaman.

  • Penyiraman

Lakukan penyiraman secara teratur agar kelembaban media tanam terjaga dengan baik. pada musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali sehari yaitu pada siang dan sore hari. pada musim hujan cukup dilakukan sekali sehari pada pagi atau sore hari.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan ketika tanaman Sudah tumbuh cabang baru atau cabang sekunder. Tujuan utama pemangkasan adalah untuk mempercepat dalam meningkatkan produksi buah. Selain itu pemangkasan juga berfungsi untuk menjaga kelembaban tanaman agar tidak mudah terserang hama dan penyakit. Caranya yaitu ketika cabang pokok sudah memiliki cabang sekunder maka pangkas cabang sekunder dengan menyisakan tiga cabang. Setelah cabang sekunder memiliki cabang tersier, lakukan pemangkasan cabang tersier dengan menyisakan tiga cabang. Setelah itu biarkan hingga tanaman berbunga dan berbuah lebat.

  • Penyiangan

Lakukan penyiangan sesering mungkin untuk menghilangkan gulma yang tumbuh di sekitar pot karena tanaman itu dapat menghambat pertumbuhan tanaman utama.

5. Panen dan Pengolahan hasil panen

Hasil panen dapat segera dipasarkan berdasarkan tujuan pemasarannya. Jika sasarannya pasar tradisional, jeruk dapat langsung dipasarkan. Jika tujuan pemasarannya adalah pasar Swalayan, maka biasanya jeruk diteliti terlebih dahulu. Buah jeruk dapat diolah menjadi manisan, minuman kaleng dan keripik jeruk.

  • Pohon jeruk mulai berbuah 3-6 tahun setelah tanam.
  • Ciri buah jeruk dapat dipanen adalah bentuknya yang sudah cukup besar.
  • Pemanenan dilakukan pada pagi atau sore
  • Pemanenan dilakukan dengan memotong pangkal buah menggunakan pisau yang sangat tajam.

  • Article "Cara Budidaya Tanaman Jeruk Dalam Pot" protected
    IdeCara

    Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama