Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot

Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot

 

1.PENGERTIAN TANAMAN MANGGA

Tanaman Mangga

IdeCara.com - Mangga mangifera indica termasuk ordo sapindales Famili anacardiaceae. Pohon mangga berasal dari India yang Kemudian menyebar ke seluruh dunia. Pohon mangga dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 500 meter diatas permukaan laut. Adapun  jenis mangga yang populer antara lain yaitu harum manis, gendong golek, manalagi dan cangkir. Dalam satu pohon mangga terdapat bunga hermaprodit dan bunga jantan sehingga pohon mangga termasuk tumbuhan berumah tunggal. Saat pohon mangga berbunga kurang lebih 50% yang berhasil menjadi buah.

Buah mangga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh antara lain yaiut gula, besi, beta karoten, vitamin A, B, C asam galat, protein, kalsium, magnesium, Seng, karbohidrat, fosfor, kalium dan serat. Manfaat buah mangga bagi kesehatan antara lain memperlancar pencernaan, sebagai antioksidan, baik untuk kesehatan mata, pencegah kanker, meredakan influenza dan gusi berdarah. Jika ditanam di kebun atau di halaman rumah pohon mangga dapat tumbuh mencapai ketinggian 40 m dengan diameter batang hingga 100 cm. Bagi masyarakat perkotaan hal itu sangat menyulitkan karena memakan banyak tempat. Bagi yang ingin menanam pohon mangga, solusinya adalah menanam pohon mangga di dalam pot dengan ditanam di dalam pot maka pohon mangga akan tumbuh lebih kecil.

2.MEDIA TANAM

Pot yang digunakan untuk membuat tabulampot mangga sebaiknya yang memiliki diameter 35 sampai 90 cm. Bisa menggunakan pot plastik seperti yang dijual di toko tanaman hias dan bisa menggunakan drum bekas yang sudah dibersihkan dan dipotong menjadi dua bagian. Anda juga dapat menggunakan karung bekas yang cukup tebal. Selain pada media lain yang sangat penting bagi tabulampot mangga yaitu pupuk organik yang berupa Abu jajanan kering dan kotoran hewan yang sudah kering, tanah dan pasir. komposisinya adalah 1:1:1:1. PH yang  sangat baik bagi media tanaman mangga adalah 5,5 sampai 6. Temperatur lingkungan yang optimal sekitar 24 sampai 27 derajat Celcius. Pohon mangga dapat tumbuh pada ketinggian 0 sampai 1200 meter diatas permukaan laut. Untuk membuat media tanam tabulampot mangga, maka masukkanlah Abu hasil pembakaran daun kering dan ranting ke dalam pot. Setelah itu masukan pula Pupuk kandang yang sudah kering, pasir halus dan kemudian tanah. Setelah itu siram dengan air agar media tanah menjadi lembab. kiini media tanam sudah siap ditanami bibit mangga.

3.PEMILIHAN DAN PENANAMAN BIBIT

Bibit mangga dapat dibeli di toko pertanian maupun toko penjual tanaman harga bibit mangga bervariasi mulai dari Rp.30.000 sampai Rp.150.000. Jika anda ingin membuat bibit sendiri, secara vegetatif maka pilihlah induk yang berkualitas baik, berbuah banyak dan tahan terhadap hama. Tanaman mangga dapat diperbanyak secara vegetatif dengan cangkok dan sambung pucuk. Bibit mangga juga dapat berasal dari biji namun kualitasnya tidak terjamin.

4.PEMELIHARAAN BIBIT

Pohon mangga mulai berbuah 4-6 tahun setelah tanam, tergantung perawatannya. Bibit mangga perlu perawatan yang optimal agar cepat berbuah. perawatan meliputi pemupukan, penyiraman secara teratur, pemangkasan daun, penyiangan dan pencegahan hama dan penyakit.

a.Pemupukan

Agar tanaman tumbuh dan berbuah dengan optimal tanaman perlu dipupuk dengan dosis yang tepat. Pupuk harus mengandung cukup unsur hara mikro dan makro seperti S, K, Mg, Ca, P dan N. Unsur-unsur tersebut sangat dibutuhkan tanaman buah untuk mempercepat tumbuhnya bunga dan berbuah. Pemupukan susulan dilakukan satu tahun setelah tanam. Pupuk yang digunakan adalah dan NPK atau urea. Melakukan pemupukan 4 bulan sekali dengan dosis sesuai ukuran pot yang digunakan, dilakukan dengan melubangi tanah di sekitar tanaman menggunakan kayu. masukkan pupuk lalu Timbun dengan tanah dan kemudian siram agar dapat diserap tanaman.

Untuk pupuk daun dan batang diperlukan pupuk organik (growing). Pemupukan ini dilakukan ketika bibit berumur 2 sampai 3 tahun, dilakukan dengan menyemprotkan pupuk ke daun dan batang 2 kali seminggu, dilakukan pada siang hari sekitar jam sebelas. Pemupukan ini bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan produksi buah.

b.penyiraman

Penyiraman dilakukan agar media tanam terjaga kelembabannya. Pada musim kemarau penyiraman dilakukan dua kali sehari yaitu pada siang hari dan sore hari. Pada musim hujan cukup dilakukan sekali sehari saja.

c.pemagkasan

Penyiraman dilakukan agar media tanam terjaga kelembabannya. Pada musim kemarau penyiraman dilakukan dua kali sehari yaitu pada siang hari dan sore hari pada musim hujan cukup dilakukan sekali sehari saja.

d.pemagkasan

Pemangkasan dilakukan setelah satu tahun setelah tanam bila sudah mulai tumbuh cabang baru. tujuan utama pemangkasan adalah untuk mempercepat dan meningkatkan produksi buah. Pemangkasan sekaligus juga berfungsi untuk menjaga kelembaban tanaman sehingga tidak mudah terserang hama dan penyakit.

e.penyiangan

Lakukan penyiangan sesering mungkin untuk menghilangkan tanaman liar yang tumbuh di sekitar pot. tanaman liar dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

5.PENANGGULANGAN HAMA DAN PENYAKIT

Hama dan penyakit merupakan hambatan besar di dalam bercocok tanam buah khususnya tabulampot. Penanggulangan hama dan penyakit secara tepat merupakan salah satu Kunci keberhasilan penanaman mangga di dalam pot.

6.PANEN

Pohon mangga mulai berbuah 4-6 tahun setelah tanam. Pemanenan dilakukan pagi atau sore hari. Pemanenan dilakukan dengan memutarkan buah mangga hingga Putus dari tangkainya.

7.PENGOLAHAN HASIL PANEN

Setelah dipanen, buah mangga dibersihkan dari kotoran dan dipasarkan menurut tujuan pemasarannya. Jika sasarannya adalah pasar tradisional maka buah mangga dapat langsung dibawa ke pasar tanpa dikemas. Jika tujuannya di pasar Swalayan, maka mangga dicuci terlebih dahulu kemudian dikemas dengan menggunakan plastik tipis yang alasnya diberi kartun kue. setiap kemasan berisi 3 sampai 4 buah. Buah mangga juga dapat diolah menjadi manisan, keripik, selai dan dodol.



Article "Cara Budidaya Tanaman Mangga Dalam Pot" protected
IdeCara

Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama