Cara Memperbanyak Tanaman


1. Memperbanyak Tanaman Dengan Cara Okulasi

Okulasi merupakan teknik memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan cara menggabungkan dua tanaman atau lebih. Penggabungan dilakukan dengan cara mengambil mata tunas dari cabang pohon induk, lalu dimasukkan atau ditempelkan di bagian batang bawah yang sebagian kulitnya telah dikelupas membentuk huruf T tegak, T terbalik, H, U tegak, atau U terbalik.

Tempelan kedua tanaman tersebut diikat selama beberapa waktu sampai kedua bagian tanaman bergabung menjadi satu tanaman baru. Penyatuan kedua tanaman ini terjadi setelah tumbuh kalus dari kedua tanaman tersebut. Akibat pertumbuhan kalus ini akan terjadi perekatan atau penyambungan yang kuat. Contih tanaman yang dapat diperbanyak dengan teknik okulasi yaitu: mangga (Mangifera indica), rambutan (Nephelium lappaceum ), jeruk (Citrus sp.) dan alpukat (persea americana).

  • Kelebihan dan kelemahan dari perbanyakan tanaman dengan cara okulasi

Beberapa kelebihan dan kelemahan dari perbanyak tanaman dengan cara okulasi. Beberapa kelebihan perbanyakan tanaman dengan cara okulasi yaitu sebagai berikut:

Adapun kelemahan dari perbanyakan dengan cara okulasi yaitu:

  • Dengan cara diokulasi dapat diperoleh tanaman yang dengan produktifitas yang tinggi.
  • Ada beberapa warna di satu pohon.
  • Tanaman memiliki sifat yang baru.
  • Pertumbuhan tanaman yang seragam.
  • Penyiapan benih relatif singkat.
  • Terkadang suatu tanaman hasil okulasi ada yang kurang normal terjadi karena tidak adanya keserasian antara batang bawah dengan batang atas.
  • 2. Perbanyakan Tanaman Dengan Teknik Sambung

    Teknik sambung merupakan salah satu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif yang banyak dilakukan oleh para petani dan penangkar bibit buah-buahan. Teknik sambung dilakukan dengan menyambungkan atau menyisipkan batang atas ke batang bawah. Batang bawah yang digunakan bisa berasal dari biji, stek, bahkan tanaman yang sudah tua untuk diremajakan atau diganti dengan varietas baru. Contoh tanaman yang dapat diperbanyak dengan teknik okulasi yaitu : mangga (Mangifera indica), manggis (Garcinia mangostana ), jeruk (Citrus sp.) dan alpukat (persea americana ).

    Kelebihan teknik sambung pada tanaman


  • Memperbaiki kualitas dan kuantitas hasil tanaman, dihasilkan gabungan tanaman baru yang mempunyai keunggulan dari segi perakaran dan produksinya, juga dapat mempercepat waktu berbunga dan berbuah ( tanaman berumur genjah ) serta menghasilkan tanaman yang sifat berbuahnya sama dengan induknya.
  • Mengatur proporsi tanaman agar memberikan hasil yang lebih baik, tindakan ini dilakukan khususnya pada tanaman yang berumah dua, misalnya tanaman melinjo.
  • Peremajaan tanpa menebang pohon tua, sehingga tidak memerlukan bibit baru dan menghemat biaya eksploitasi. Peremajaan total berlaku sebaliknya.

  • Article "Cara Memperbanyak Tanaman" protected
    IdeCara

    Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Recent Post