Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Yang Wajib Kamu Ketahui

IdeCara.com -


 

 


Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Yang Wajib Kamu Ketahui - Sejumlah barang elektronik akan mengalami sebuah korsleting atau rusak jika air tidak sengaja masuk. Seperti kecerobohan yang sering dilakukan oleh sebagian orang, misalnya menjatuhkan ponsel ke ember atau tanpa sengaja membuat ponsel hujan. Saat mengetahui ponselnya masuk air, sebagian orang akan panik dan langsung menyalakan ponselnya untuk memastikan benda kesayangannya tidak mati.

Atau, seperti yang diketahui banyak orang, pertolongan pertama biasanya datang dengan memasukkannya ke dalam nasi. Namun ternyata hal tersebut belum tentu sangat efektif untuk menghemat smartphone yang basah. Karena kepanikan yang terjadi, seseorang tanpa sadar akan memperburuk keadaan untuk ponsel yang memiliki air di dalamnya.

Untuk mencegah kepanikan, Anda harus mengetahui pertolongan pertama pada ponsel yang terkena air, sehingga Anda tidak perlu buru-buru membawanya ke tukang reparasi HP. Berikut beberapa cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang wajib kamu ketahui.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Segera Keluarkan Dari Air Dan Matikan

Air dapat masuk ke komponen ponsel melalui lubang sempit seperti lubang jack earphone atau charger. Jika ponsel Anda jatuh ke genangan air, tentu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengangkat ponsel dari air secepat mungkin.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan lebih banyak air yang berhasil merembes ke dalam Hp. Jika HP Anda terkena air, segera pindahkan dari sumber air. Dan jika terkena air pada saat sedang diisi dayanya, sebaiknya dicabut terlebih dahulu baru kemudian diambil ponselnya untuk menghindari resiko tersengat listrik.

Jangan Goyang HP

Selain menyalakan ponsel yang ada air di dalamnya, ponsel juga tidak boleh digoyang. Seperti yang orang kira, menggoyangkan HP bisa membuat air keluar dari ponsel. Bahkan, ini bisa memperburuk keadaan karena air justru akan menyebar ke komponen lain. Intinya, jangan terlalu banyak menggerakkan ponsel. Tindakan ini dilakukan agar air di dalam HP tidak terus bergerak.

Lepaskan Baterai, Kartu SIM, Dan Kartu Memori

Langkah selanjutnya, segera lepas komponen yang bisa dilepas. Jika Hp Anda masih bukan jenis baterai implan, Anda dapat segera melepas baterai, kartu SIM, dan kartu memori yang terpasang di ponsel. Hal ini bertujuan untuk mencegah sebuah kerusakan lebih lanjut di daerah-daerah tersebut. Jangan lupa untuk melepas casing atau penutup dan casing ponsel yang terpasang untuk membantu memberikan “pelarian” air dan memudahkan proses pengeringan.

Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Yang Wajib Kamu Ketahui semoga bermanfaat.



IdeCara
Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

Related Posts

Posting Komentar