Cara Praktis Mengatasi Hp Android Bootlop

IdeCara.com -







Cara Praktis Mengatasi Hp Android Bootlop - Setiap perangkat Android pasti memiliki spesifikasi dan kelebihan yang berbeda-beda. Performa mantap, spesifikasi mumpuni, dan dukungan multitasking maksimal menjadi pilihan terbaik bagi pengguna Android. Namun, sehebat atau secanggih apapun smartphone yang Anda miliki, tentu memiliki peluang untuk mengalami masalah. Masalah yang dialami bisa terjadi pada software atau hardware.
Masalah paling sering terjadi pada software, mulai dari aplikasi yang terinstal, aplikasi bawaan (bloatware), hingga sistem Android. Salah satu masalah pada sistem Android yang cukup mengganggu pengguna adalah bootloop. Bootloop adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada beberapa pengguna Android yang suka memperbaiki sistem Android di smartphone mereka. Dibawah ini akan kami jelaskan tentang Cara Mengatasi Hp Android Bootlop.
Cara Mengatasi HP Bootloop
Soft Reset Hp Android
Setelah mengetahui penyebab bootloop, ada baiknya untuk memahami cara mengatasinya. Langkah pertama dalam menangani loop boot adalah melakukan soft reset sederhana. Matikan ponsel Android dan keluarkan baterai.
Jika Anda tidak bisa melepas baterai pada model ponsel tertentu, biarkan perangkat mati setidaknya selama lima menit. Mulai ulang perangkat untuk melihat apakah masalah boot telah teratasi. Terkadang hanya perlu soft reset cepat untuk menghapus bug dari proses startup.
Wipe Data / Factory Reset
Cara ketiga, Anda dapat mencoba metode Wipe Data atau Factory Reset (Hard Reset). Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah bootloop berat (Hard Bootloop) atau untuk menghapus virus Android paling berbahaya yang menginfeksi perangkat Android Anda. Cara yang sama juga biasanya dilakukan seperti cara menghapus akun GMail di HP atau hal untuk reset data di Android.
Sebelum melakukan Factory Reset, pastikan Anda membackup semua file yang tersimpan di memori internal dan eksternal smartphone Android Anda. Simpan data cadangan Anda di tempat penyimpanan terpisah, misalnya pada hard drive eksternal terbaik saat ini.
Flashing / Install Firmware
Cara terakhir untuk mengatasi Android bootloop, adalah dengan flash atau install ROM. Sebelum melakukan cara ini, pastikan Anda memiliki firmware atau stock ROM yang tepat untuk jenis perangkat Android yang Anda gunakan. Jika Anda tidak memiliki firmware yang tepat untuk jenis perangkat Anda, Anda dapat mencarinya di Google. Cukup ketikkan kata kunci yang terkait dengan firmware yang sesuai dengan jenis smartphone Android yang Anda miliki.
Demikian ulasan tentang Cara Praktis Mengatasi Hp Android Bootlop semoga bermanfaat.

IdeCara
Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

Related Posts

Posting Komentar