Ternyata Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

IdeCara.com -


Ternyata Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Ternyata Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Mati Sendiri - Komunikasi menggunakan HP memang menjadi kebutuhan yang sangat penting saat ini, tidak hanya untuk komunikasi jarak jauh, penggunaan HP saat ini memiliki fungsi yang lebih dari itu. Banyak hal yang bisa dilakukan dan diproduksi dengan HP. Banyaknya fungsi HP ini tergantung dari spesifikasi dan kapasitas yang ada di dalamnya. Dengan spesifikasi yang tinggi, kemampuan HP juga akan lebih banyak. Dan sebaliknya.



Jika HP memiliki spesifikasi dan kapasitas yang terbatas, maka penggunaannya juga akan dibatasi. HP juga akan relatif lebih cepat panas. Dalam beberapa kondisi, HP yang kamu miliki bisa mati sendiri. Banyak faktor yang mempengaruhi hal ini. Berikut ini akan kami jelaskan mengenai penyebab dan cara Mengatasi HP Mati Sendiri.

Penyebab Hp Mati Sendiri

Kondisi Baterai Drop

Jika Hp Anda tiba-tiba mati sendiri, salah satu penyebabnya adalah karena kondisi baterai yang drop. Kondisi ini biasa terjadi pada HP lama. Kondisi ini ditandai dengan persentase baterai yang cepat habis setelah terisi penuh, meski tidak digunakan.

Terlalu Banyak File Sampah

Penyebab HP mati sendiri selanjutnya yaitu karena terlalu banyak menyimpan cache. Cache ini merupakan file sampah yang otomatis disimpan oleh HP, bila file ini menumpuk akan membebani kinerja HP. Sehingga bisa menyebabkan HP mati mendadak.

Sistem Aplikasi Mengalami Kerusakan

Kerusakan software juga bisa menjadi penyebab HP mati sendiri, kerusakan ini bisa terjadi karena bug dan virus. Inilah sebabnya mengapa ada permintaan pembaruan perangkat reguler. Pembaruan berfungsi untuk memperbaiki bug firmware yang menyebabkan perangkat menjadi lamban atau berjalan lambat, menguras daya baterai, bahkan menyebabkan Hp mati sendiri.

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri

Saat HP kamu mati sendiri, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berikut cara mengatasi HP mati sendiri, diantaranya:

Hapus Cache Android

Cara pertama untuk mengatasi HP mati sendiri adalah dengan membersihkan file cache pada HP. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan atau aplikasi pembersih pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play Store.

Hapus Aplikasi Yang Bermasalah/Tidak Kompatibel

Jika ada aplikasi tertentu yang mengalami error atau pesan error seperti force close sering muncul, maka ini tandanya aplikasi tersebut bermasalah/tidak kompatibel. Pikirkan apakah Anda sebelumnya telah menginstal aplikasi yang mencurigakan. Misalnya aplikasi yang diunduh dari situs pihak ketiga (bukan dari Google Play Store).

Bersihkan Memori Internal

Menurunnya performa dan masalah pada sistem android yang menyebabkan hp mati sendiri juga bisa disebabkan oleh memori internal yang penuh. Hal ini wajar karena sistem Android dan aplikasi yang diinstal juga membutuhkan ruang yang cukup untuk memproses semua data yang diperlukan.

Karena itulah jika memori internal Anda sudah penuh, sebaiknya hapus aplikasi dan data tersimpan yang sudah tidak diperlukan lagi. Sisakan setidaknya 20% ruang penyimpanan kosong dari total kapasitas memori Anda.

Update Sistem Dan Aplikasi Terinstall

Kemungkinan penyebab hp kamu mati sendiri karena ada bug di sistem android. Oleh karena itu Anda perlu memperbarui sistem dan aplikasi yang diinstal. Stabilitas dan peningkatan hanya terjadi saat Anda memperbarui. Namun, Anda hanya dapat melakukan opsi pembaruan sistem jika versi Sistem Terbaru Tersedia Di HP Anda.

Lakukan Wipe Dalvik Cache Dan Cache Partition

Cara selanjutnya, adalah mencoba membersihkan cache pada sistem dan memori internal menggunakan fitur Wipe Dalvik Cache dan Wipe Cache Partition melalui Recovery Mode. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah sistem Android yang sering error.

Demikian ulasan tentang Hp Sering Mati? Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Mati Sendiri semoga bermanfaat.


IdeCara
Macam-macam Ide & Cara, tutorial, kumpulan tutorial menarik disajikan dalam Bahasa Indonesia

Related Posts

Posting Komentar